Main Logo

Update

Ditiadakannya Kolom KBLI 2 Digit Akibat Implementasi OSS Versi 1.1_1

07 Nov 2019

Ditiadakannya Kolom KBLI 2 Digit Akibat Implementasi OSS Versi 1.1

          Rencana Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mengganti Sistem Perizinan Terintegrasi atau Online Single Submission (OSS) dari Versi 1.0 ke Versi 1.1 diundur menjadi tanggal 11 November 2019 yang sebelumnya akan dilakukan tgl 4 November 2019. Pengunduran pembaruan OSS Versi 1.1 ini berdasarkan Pengumuman Nomor: 19/PENGUMUMAN/A.8/2019 tentang Perubahan Pengumuman Nomor: 15/PENGUMUMAN/A.8/2019 tentang Penerapan OSS Versi 1.1 Mulai Tanggal 4 November 2019.

          Pemberitahuan ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena OSS tidak dapat diakses selama proses pemindahan data untuk sementara waktu bagi pihak yang akan mengajukan permohonan perizinan ataupun perubahan data, namun demikian sistem ini masih dapat diakses untuk melihat informasi yang ada di dalamnya.

          OSS versi 1.1 ini bukan merupakan pengembangan dari versi sebelumnya, tetapi merupakan versi baru dari sistem OSS sehingga dalam proses pembaruannya membutuhkan tambahan waktu. Tetapi setelah migrasi data selesai dilakukan, dapat dipastikan pengusaha dapat kembali melakukan proses pelayanan perizinan dengan versi baru.

          Untuk diketahui perubahan pada OSS versi 1.1 diantaranya ialah adanya pencatatan total nilai investasi yang semula berdasarkan KBLI 2 digit dalam versi 1.1 menjadi tidak ada. Di samping itu terdapat beberapa informasi tambahan dalam OSS versi 1.1 yaitu:

  1. Jenis kegiatan (utama/pendukung/kantor administrasi)
  2. Status lokasi proyek berfungsi sebagai kantor cabang
  3. Status lahan (sewa/bukan sewa)
  4. Serta nama penanggung jawab proyek (diisi dalam rangka izin lingkungan)

Sedangkan untuk proyek yang tidak memerlukan izin lingkungan diisi dengan nama salah satu Direktur perusahaan.

          Oleh karena nilai investasi yang semula berdasarkan KBLI 2 digit dalam versi 1.1 menjadi tidak ada maka Pelaku usaha wajib melengkapi nilai investasi kegiatan usahanya di KBLI yang 5 digit yang secara otomatis masih kosong sesuai dengan total nilai investasi kegiatan usahanya. Bagi perusahaan yang memiliki lebih dari satu KBLI 5 digit tersebut dan totalnya telah sesuai dengan total nilai investasi perusahaan, maka pelaku usaha wajib melengkapi informasi tambahan yang masih kosong seperti pada poin 1 s.d 4 dalam versi 1.1. sedangkan pelaku usaha yang memiliki lebih dari satu izin usaha maka proses untuk melengkapi data dan informasi tambahan juga wajib dilakukan pada masing-masing data.

          Dengan demikian bagi semua pelaku usaha yang sudah memiliki izin dari OSS sebaiknya sesegera mungkin memahami kondisi tersebut dan mengisi nilai investasi yang masih kosong sesuai pada kolom yang tersedia di sistem baru tersebut saat sistem OSS versi 1.1 yang diberlakukan tanggal 11 November 2019 ini. Oleh karena itu jika anda mengalami kesulitan terkait perubahan-perubahan sistem OSS versi 1.1 jangan ragu untuk menghubungi konsultan hukum anda agar mendapatkan penjelasan yang lebih lanjut.

 

Best Regards,

Desy Yuliani, S.H. (Staff)

[email protected] / +62 813 1876 0163

Nur Hakim, S.H., M.H., C.L.A. (Partner)

[email protected] / +62 813 8015 1334

icon facebook.jpg icon linkdin.jpg

https://tax-legal.id/